Penyebab Laptop Mati Total yang Sering Tak Disadari Pengguna dan Cara Mengatasinya

SEMARANG – Di zaman sekarang ini, banyak aktivitas yang membutuhkan penggunaan laptop. Jika laptop tidak berfungsi dengan baik, apalagi mengalami kerusakan seperti mati total, pastinya akan membuat kita panik.

Seringkali pengguna laptop tidak memperhatikan perawatan pada perangkatnya. Padahal, perlakuan yang salah pada sebuah perangkat bisa membuat performanya menurun dan pada akhirnya akan menemui kerusakan. Bahkan resiko terburuknya, laptop bisa mengalami mati total, lho, Sobat! Tentu kita tidak mau dong mengalami hal tersebut.

Yuk simak alasan mengapa laptop bisa mati total agar Sobat Master bisa lebih memperhatikan perawatan laptop masing-masing.

  1. Terjadi Kerusakan pada Baterai atau Adaptor
source: unsplash.com

Penyebab pertama yang paling umum adalah terjadinya kerusakan atau suatu masalah pada baterai laptop. Baterai merupakan sumber energi dari hidup dan bekerjanya sebuah laptop. Sedangkan adaptor adalah sebuah rangkaian yang digunakan untuk mengubah tegangan arus bolak-balik ketika laptop sedang mengisi daya. Apabila salah satunya bermasalah, maka daya latop tidak akan terisi dengan sempurna. Tentunya ini akan menjadi akar masalah jika laptop dibiarkan dalam keadaan benar-benar kehabisan daya. Adapun cara mengatasinya,

  • Isi daya baterai laptop hingga penuh menggunakan charger lain (jika charger Sobat rusak) sebelum menghidupkannya. Setelah itu coba nyalakan laptop Sobat.
  • Apabila masih tidak mau menyala, cobalah untuk melepaskan baterai jika memungkingkan (karena ada beberapa laptop yang menggunakan baterai tanam).
  • Setelah dilepas, sambungkan laptop Sobat ke listrik dengan charger dengan keadaan tanpa baterai. Tunggu beberapa saat. Jika laptop Sobat berhasil menyala, itu berarti masalahnya terletak pada bagian baterai atau konektor baterainya. Solusinya adalah dengan membeli baterai laptop baru yang sesuai dengan tipe laptop Sobat.
  1. Permasalahan Power Supply
source: google.com

Jika lampu indikator dalam keadaan off, sedangkan adaptor dalam keadaan normal, coba untuk memeriksa soket DC yang tertancap pada perangkat. Soket yang bermasalah bisa  menyebabkan listrik yang mengalir ke komponen-komponan laptop menjadi tidak stabil. Hal ini akan menyebabkan laptop tidak akan bisa menyala dan berfungsi dengan baik.

Masalah lain yang sering ditemukan adalah tingginya tegangan listrik yang mengalir ke komponen komputer, hal ini bisa menyebabkan kerusakan komponen power, lho, Sobat Master. Periksalah on/off power button, jangan lupa untuk memeriksa IC power juga. Setelah itu, Sobat dapat melepaskan charger, lalu tekanlah power button selama kurang lebih 30 detik hingga daya habis. Lalu Sobat bisa memasangnya kembali kemudian cobalah untuk menghidupkannya kembali.

  1. Kerusakan pada RAM
source: dokumentasi pribadi

Apabila lampu indikator dalam keadan off, kipas dalam keadaan menyala, dan mesin-mesinnya masih berfungsi dengan baik tetapi layar monitor hitam kosong dan tidak menampilkan apapun, kemungkinan besar penyebabnya adalah permasalahan pada RAM. Cobalah untuk melepaskan RAM lalu Sobat bisa membersihkan pinnya dengan cara menggosokan karet penghapus, setelah itu pasanglah kembali. Usahakan untuk memasang RAM tersebut di soket yang bebeda apabila terdapat dua soket RAM pada mainboard laptop Sobat.

  1. Permasalahan pada Processor
source: dokumentasi pribadi

Penyebab laptop mati total selanjutnya adalah kemungkinan terjadinya masalah pada processor. Jika processor telah mengalami kerusakan maka kemungkinan besar laptop juga akan kehilangan kontrol dan tidak akan bisa befungsi secara maksimal. Penyebab kerusakan pada processor antara lain karena terjadinya overheating, pasta processor yang mengalami kekeringan karena suhu tinggi, ataupun fan dan heatsink yang kotor penuh debu. Hingga ketidakseimbangan antara processor dan RAM.

Nah untuk mengatasi terjadinya masalah diatas, Sobat Master dapat membersihkan pasta yang menempel dan menggantinya dengan pasta baru. Setelah itu, Sobat dapat memasangkannya kembali dengan posisi yang benar.

  1. Error pada Motherboard
source: dokumentasi pribadi

Penyebab laptop mati total yang terakhir yaitu adanya masalah pada motherboard atau mainboard. Motherboard memiliki peranan sebagai komponen induk yang menjadi tempat utama dari setiap komponen yang menjalankan perangkat laptop. Masalah atau kerusakan pada motherboard sering ditandai dengan munculnya bunyi “bip” yang terus berulang pada laptop Sobat Master sekalian.

Motherboard termasuk komponen yang jarang mengalami kerusakan. Namun kita tentu saja harus tetap waspada, karena kerusakan pada motherboard adalah termasuk kerusakan yang fatal karena dapat berimbas ke seluruh partisi laptop, lho, Sobat Master. Berikut ini kemungkinan penyebab kerusakan pada motherboard, antara lain:

  • Overheating pada komponen di motherboard
  • Komponen IC terbakar karena suhu tinggi
  • Suplai aliran listrik yang masuk tidak stabil
  • Overclocking yang terjadi pada komponen di motherboard
  • Laptop terinfeksi virus

Banyak hal yang dapat kita usahakan sendiri untuk mengatasi masalah-masalah diatas ketika laptop Sobat Master mengalami mati total. Namun apabila laptop Sobat masih saja tidak menyala dan berfungsi, tidak perlu khawatir! MASTER LAPTOP SEMARANG menyediakan jasa reparasi laptop Sobat Master apapun keluhannya. MASTER LAPTOP SEMARANG juga menyediakan kebutuhan Sobat jika ingin mengganti baterai laptop yang sudah rusak atau usang. Tentunya dengan pelayanan yang profesional dan biaya servis yang terjangkau. Kami juga menawarkan garansi, lho!! Ayo segera kunjungi MASTER LAPTOP SEMARANG di Jalan Tlogo Indah RT 04 RW 05, Kel. Banjardowo Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah. Atau Sobat juga dapat mengunjungi website kami di www.masterlaptops.com.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya Sobat Master!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *