Simak Tips-Tips Berikut agar Laptop Kamu Bebas dari Virus!

SEMARANG – Virus adalah salah satu dari berbagai ancaman bagi para pengguna teknologi masa kini seperti komputer dan laptop. Terlebih jika Sobat Master gemar mengarungi lautan internet. Jika tak hati-hati, salah-salah Sobat Master bisa jadi korban pencurian dan perusakan data oleh peretas, apalagi Sobat menyimpan data-data penting di dalam laptop. Nah maka dari itu, Sobat Master harus waspada nih sama ancaman si virus ini.

Nah, biar laptop Sobat nggak gampang terinfeksi virus, yuk perhatikan beberapa tips dari Admin dibawah ini!

  1. Pasang Antivirus Terpercaya
source: freepik.com

Antivirus adalah salah satu hal penting yang wajib kamu sediakan untuk laptop, nih, Sobat Master. Antivirus bekerja menangkal virus seperti trojan, malware, dan lain-lain serta menyingkirkan file atau program mencurigakan dalam laptop Sobat. Sobat dapat memilih satu dari bermacam-macam brand antivirus, contoh yang terkenal adalah Avast, Avira, AVG, Kaspersky, atau produk antivirus asal Indonesia yaitu Smadav.

Antivirus-antivirus tersebut tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Jika Sobat ingin keamanan yang lebih tinggi, Sobat bisa membeli versi berbayar dari salah satu antivirus tersebut. Meskipun begitu, versi gratis juga tidak kalah bagus dengan yang berbayar, lho, hanya saja ada beberapa fitur mungkin hanya bisa digunakan secara berbayar. Sobat juga bisa menggunakan Windows Defender yang sudah tersedia secara gratis.

Selalu cek keamanan laptop Sobat dengan antivirus secara rutin. Rajin-rajinlah mengupdate aplikasinya juga agar pelayanan yang disediakannya meningkat.

  1. Hanya Install Aplikasi dari Sumber Terpercaya
source: dokumentasi pribadi

Ada baiknya Sobat Master menginstal aplikasi dari sumber terpercaya seperti Microsoft Store atau dari situs resmi penerbit/penyedia aplikasi atau software tersebut. Tetapi meskipun Sobat sudah menginstal dari sumber terpercaya, usahakanlah untuk tetap berhati-hati sebab dewasa ini banyak sekali aplikasi palsu yang berseliweran di situs atau sumber download resmi. Nah, guna mencegahnya, Sobat perlu memeriksa rating dan komentar user yang sudah menggunakan aplikasi tersebut.

Hindarilah juga link-link web yang Sobat rasa aneh atau mencurigakan. Bisa saja bukan aplikasi yang Sobat dapatkan, tetapi malah virus yang Sobat masukkan di laptop. So, selalu berhati-hati ya terhadap link atau situs-situs yang terlihat mencurigakan.

  1. Hindari Sembarangan Menggunakan Flashdrive USB
source: unsplash.com

Dewasa ini, penyimpanan via flashdrive USB menjadi salah satu alat penyimpan file yang banyak digemari. Akibatnya, flashdrive USB rentan terinfeksi virus. Sobat tentu harus berhati-hati nih dalam menggunakan flashdrive USB. Karena bisa saja komputer Sobat terancam kemasukan virus yang dibawa oleh flashdrive USB.

Solusinya adalah dengan memastikan flashdrive USB yang masuk ke laptop Sobat bebas dari segala virus dengan mengeceknya menggunakan antivirus. Lebih aman lagi jika Sobat menggunakan flashdrive USB milik sendiri yang sudah terjamin keamanan dan perawatannya. Jadi, jangan sembarangan asal colok ya, Sobat Master!

  1. Jangan Sembarangan Membuka Link dan Lampiran dari Email Tak Dikenal
source: unsplash.com

Sobat Master pasti pernah kan menerima email dengan lampiran di dalam email tersebut. Nah Sobat harus ekstra hati-hati dalam membuka lampiran tersebut karena bisa jadi lampiran email tersebut berisi virus yang siap menginfeksi device Sobat Master. Pastikan Sobat tahu dari siapa email dan memang sedang menunggu kiriman lampiran tersebut. Jadi, kalau Sobat nggak tahu siapa pengirim emailnya, jangan coba-coba membuka lampiran email tersebut dan segera hapus emailnya.

Demikian juga dengan email berisi link atau link apa saja yang Sobat kerap temukan di internet. Pastikan link tersebut aman dan mengarah ke situs yang aman pula. Apabila dirasa mencurigakan, jangan coba-coba untuk mengekliknya, ya!

  1. Hindari Asal Menyambung ke Jaringan Terbuka
source: unsplash.com

Jaringan terbuka yang Admin maksud adalah jaringan Wi-Fi tanpa pengaman password. Jangan mentang-mentang tidak ada kata sandinya, Sobat langsung asal menyambung. Hati-hati, bisa jadi jaringan Wi-Fi tersebut sengaja disiapkan para hacker untuk menyebarkan virus ke perangkat korbannya, termasuk Sobat.

Jika Sobat sedang nongkrong di cafe, restoran, bandara, atau tempat umum lainnya, pastikan dulu jaringan Wi-Fi di tempat itu aman dan tidak mencurigakan ya, Sobat Master.

 

“Min tapi laptop aku udah terlanjur kena virus nihh gimana dong?! 🙁”

Kalau laptop Sobat terlanjur terinfeksi dan data-datanya tak bisa lagi diakses, langkah yang harus ditempuh yaitu dengan menginstal ulang Windows untuk laptop kamu nih, Sobat. Tapi tenang aja, jangan keburu install ulang sendiri, siapa tau masih ada harapan untuk menyelamatkan data-data kamu tadi.

Untuk Sobat Master yang berdomisili di Kota Semarang, jangan khawatir! MASTER LAPTOP SEMARANG menawarkan jasa konsultasi untuk laptop kamu yang bermasalah. GRATIS loh!! MASTER LAPTOP SEMARANG juga menawarkan jasa install ulang Windows yang tentunya 100% original. MASTER LAPTOP SEMARANG juga menyediakan jasa reparasi untuk laptop Sobat apapun keluhannya. Dengan pelayanan profesional dan biaya servis terjangkau, Sobat dapat menggunakan laptop Sobat kembali seperti sedia kala. Kami juga menawarkan garansi, lho! Ayo datang ke MASTER LAPTOP SEMARANG di Jalan Tlogo Indah RT 04 RW 05 Kel. Banjardowo Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah. Atau Sobat juga dapat mengunjungi website kami di www.masterlaptops.com.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya Sobat Master!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *